Duh! Hati-hati Kerongkongan Berlubang Gara-gara Cabai Setan

by Admin 154 views0

Hati-hati mengkonsumsi pedas dalam porsi berlebih, karena salah-salah bisa membahayakan. Seperti kejadian yang menimpa seorang pria di Amerika Serikat. Pria ini mengalami nasib sial saat mengikuti lomba makan pedas. Kerongkongannya terbakar hingga berlubang gara-gara makan bhut jolokia, yang dijuluki sebagai ‘cabai setan’.

Pria yang tidak disebutkan namanya ini mulai muntah dengan hebat setelah mengonsumsi burger dengan isi bubuk cabai setan. Ia juga mengalami nyeri hebat di perutnya, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit setempat.

Dokter yang menangani pria ini menemukan lubang sebesar 2,5 cm di kerongkongan. Operasi segera dilakukan untuk menyelamatkan nyawa pria malang ini. Demikian dilaporkan oleh Journal of Emergency Medicine, dikutip dari daytondailynews, Selasa (18/10/2016).
Usai operasi, pria ini bernapas dengan selang selama 14 hari perawatan di rumah sakit. Selama 9 hari berikutnya, ia masih dirawat dengan selang untuk memasukkan makanan. Bahkan saat dipulangkan ia masih harus makan dengan selang.

Rusaknya kerongkongan dikenal dengan istilah Boerhaave syndrome, dan bisa berdampak fatal karena komplikasinya bisa mematikan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, termasuk iritasi oleh asam lambung saat mengalami muntah berlebihan.

Sumber:¬†health.detik.com –¬†Ilustrasi via Lintas Nesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>