Kenalkan! Jamboard, Papan Tulis Digital Seharga Rp 78 Juta Dari Google

by Admin 107 views0

Niat Google menyeriusi bisnis hardware tak berhenti di ponsel Pixel, karena mereka baru merilis sebuah papan tulis digital bernama Jamboard yang dibanderol seharga USD 6.000 atau sekitar Rp 78 juta. Kok mahal?

Jamboard pada dasarnya adalah layar 55 inch dengan resolusi 4K dengan bentuk menyerupai papan tulis, yang terintegrasi dengan semua layanan cloud milik Google. Papan tulis ini mempunyai bermacam pilihan warna, dan didesain agar mudah dipindah-pindah karena dilengkapi dengan kaki dan roda.

Selain itu hanya ada satu kabel yang tertancap pada bagian belakang papan tulis ini. Di dalamnya terdapat sebuah kamera dengan resolusi HD, speaker dan konektivitas WiFi yang membuatnya bisa dipakai untuk video conference melalui Hangouts.

Jamboard juga dilengkapi dengan stylus dan penghapus serta tempat penyimpanan pada bagian bawahnya. Namun layaknya papan tulis biasa, pengguna juga bisa menghapus coretan pada Jamboard menggunakan tangan.

Apapun yang ditulis atau digambar pada Jamboard secara otomatis akan tersimpan pada Drive, yang hasil simpanannya kemudian juga bisa dibuka di berbagai perangkat lain yang bisa kompatibel dengan Google Drive, seperti yang dikutip detikINET dari 9to5google, Rabu (26/10/2016).

Tak cuma itu, Jamboard juga bisa digunakan untuk berkolaborasi antara tim yang ada di kantor serta anggota lain yang bekerja secara remote, alias dari jarak jauh menggunakan perangkat seperti tablet Android atau pun iPad.

Jamboard adalah bagian dari G Suite — dulu dikenal dengan nama Google Apps for Work — yang merupakan jajaran aplikasi dengan dukungan Google Cloud yang dioptimasi untuk para pebisnis. Papan tulis digital ini sendiri akan mulai bisa dibeli pada pertengahan pertama 2017.

Berita via Inet.Detik.com

Video via G Suite (YouTube)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>