KEREN! Belajar dari Google, Topeng Koran Bekas Buatan Pastika Tembus ke Australia

by Admin 514 views0

Cerita keren kali ini berasal dari Jalan Imam Bonjol Denpasar. Seperti cerita yang kami repost dari halaman inspirasi website Bali.Tribunnews.com.

Adalah I Wayan Agus Pastika (30) pembuat topeng dari bahan daur ulang yakni koran bekas. Kreasi Pastika yang awalnya iseng ini tak disangka banyak diminati hingga ke Malaysia dan Australia. Topeng yang dibuat Pastika di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Bali ini dibuat dengan cara sederhana.

Cara membuat topeng yakni koran-koran bekas tersebut ditumbuk lalu direndam air selama dua hari. “Proses pembuatan selama satu minggu, tergantung cuaca” ungkapnya Wayan Aguas Pastika ditemui pada Jumat (21/10/2016).

Bubur koran ini kemudian dicetak berdasarkan karakter topeng yang diinginkan. Ada beberapa jenis tokoh anime Jepang seperti Naruto, Anya, Ony yang dibikin topeng. Agus Pastika juga membuat topeng model lain.

“Kalau ada yang pesan tokoh lain juga bisa, seperti tokoh seram di halloween party,” imbuh Agus Pastika.
Untuk pemesanan topeng ini mulai dari Kuta, Seminyak, Legian.

Untuk luar kota ke Bandung, Surabaya, Jakarta hingga ke luar negeri Australia dan Malaysia. Harga bervariasi mulai dari Rp 70-200 ribu sesuai bentuk, warna dan tingkat kesulitan. Selama seminggu, ia dapat membuat 20 topeng.
Usaha pembuatan topeng dari koran bekas ini berawal dari keisengan belaka.

Saat itu ada temannya memesan topeng, dengan belajar secara otodidak di google. Lama kelamaan produknya ini banyak peminat. Agus menjalani usaha ini sudah tiga tahun dibantu kedua orangtua dan adiknya. “Kalau ada pesanan banyak, ibu dan adik saya bantu-bantu” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>