PKK Cilegon Belajar Ke Kota Denpasar dan Kagumi Inovasi Program PKK Kota Denpasar

by Admin 61 views0

Berbagai prestasi gemilang yang diraih PKK Kota Denpasar di tingkat nasional membuat PKK Kota Denpasar menjadi tempat pembelajaran dari PKK daerah lain termasuk PKK Kota Cilegon, Provinsi Banten. Rombongan yang berjumlah 40 orang diterima langsung Sekretaris PKK Kota Denpasar Sri Utari Puspawan mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra bersama pungurus PKK Kota Denpasar di Gedung Wanita Santhi Graha Denpasar, Selasa (8/11)

Ketua TP PKK Kota Cilegon Ny. Edi Ariadi menyampaikan kekagumannya terhadap inovasi program-program PKK Kota Denpasar sehingga mengantarkannya meraih prestasi tertinggi tingkat nasional. “Kami mengetahui prestasi luar biasa yang diraih PKK Kota Denpasar melalui inovasi program dalam melaksanakan program PKK. Untuk itu kami ingin belajar dengan harapan dapat diterapkan di Kota Cilegon,” ujarnya. Terlebih lagi PKK Kota Denpasar tahun ini meraih dua penghargaan nasional Pakarti Utama I. Seakan PKK Kota Denpasar tidak pernah lepas dari inovasi. Hal-hal tersebut ingin diketahui sehingga dalam perencanaan program dapat lebih dipersiapkan. Seperti dalam administrasi PKK, dimana PKK Kota Denpasar dalam hal ini Kelurahan Penatih telah mampu memadukan IT untuk pendataan dasa wisma. Sehingga ini sangat mempermudah dalam pelaksanaan program PKK. Termasuk juga dalam prilaku hidup sehat (PHBS) juga mampu berhasil meraih penghargaan tertinggi tingkat nasional. “Kami harap PKK Kota Denpasar mau membagi ilmu untuk memajukan PKK di Kota Cilegon,” ujarnya.

Sementara Sekretaris PKK Kota Denpasar Sri Utari Puspawan menyampaikan prestasi yang diraih PKK Kota Denpasar tidak terlepas dari keterlibatan sumua pihak mulai dari kader terbawah sampai pada tingkat kota. Disamping juga didukung oleh inovasi-inovasi dalam melaksanakan setiap program. Seperti inovasi SIPENA yang dilaksanakan PKK Kelurahan Penatih yang mengantarkannya meraih Pakarti Utama I tingkat nasional. Melalui program SIPENA semua data dasa wisma termasuk perkembangan keluarga langsung tercatat dalam sistem tersebut. Hanya saja para kader setiap banjar harus menginput data cukup melalui android. Inovasi ini sangat membantu sekali karena para kader tidak perlu datang ke kantor kelurahan untuk menginput data, namun cukup hanya dari rumah masing-masing. “Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar selalu memberikan kebebasan untuk PKK desa/lurah dalam membuat berbagai inovasi dalam melaksanakan program PKK,” ujarnya. Meski demikian setiap pembuatan inovasi selalu berkoordinasi dengan PKK tingkat kecamatan sampai kota. Tidak hanya itu menurut Sri Utari setiap program PKK dilaksanakan selalu melakukan inovasi termasuk juga memperhatikan asas kemanfaatannya pada masyarakat. (Gst)

Sumber: http://denpasarkota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>