Wujudkan Generasi Bijak Bersosial Media, SDN 3 Peguyangan Adakan Sosialisasi

by Admin 31 views0

Kebebasan dalam menyebarkan informasi dan berkomunikasi yang kian dipermudah dengan adanya media sosial dapat menimbulkan beberapa dampak negatif seperti terjadinya bias informasi dan menyebarnya berita bohong atau hoax di masyarakat. Untuk menghindari hal tersebut, setiap pengguna sosial media harus memiliki kesadaran terkait etika yang benar dalam bersosial media, dan memahami peraturan yang telah ditetapkan pemerintah melalui UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dalam upaya pencegahan sejak dini terhadap dampak buruk dari media sosial, Kamis (7/12) SDN 3 Peguyangan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar menyelenggarakan Sosialisasi terkait media sosial dengan tema “Bijak Bersosial Media”. Hadir sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar ,Dewa Gede Rai, S.Sos., M.Si,.

Sosialisasi ini diikuti  oleh ratusan siswa dari kelas 4,5 dan 6. Dalam paparannya Dewa Rai mengajak siswa siswa di SDN 3 Peguyangan untuk lebih mengenali bagaimana bijak dan sehat dalam bermedia sosial. Mantan Kasubag Pemberitaan Humas Pemkot Denpasar ini memaparkan, dalam era kemajuan dunia digital saat ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mau tidak mau suka atau tidak suka, dunia internet sudah menjadi kebutuhan. Dengan adanya Internet ini pengguna media sosial semakin meningkat. Bahkan menurutnya kalangan pelajar/mahasiswa sebagai pengguna media sosial yang paling tinggi. “Disinilah pentingnya perlu diajarkan sejak dini batasan batasan dan etika dalam bermedia sosial sehingga tidak kebablasan,” kata Dewa Rai.  Diibaratkan kemajuan teknologi informasi sebagai dua sisi mata uang,  di satu sisi jika benar menggunakan akan dapat mempermudah pekerjaan dalam segala bidang, akan tetapi jika salah menggunakan bisa menjadi bumerang dan merugikan bagi diri sendiri atau orang lain.

Kepala SDN 3 Peguyangan  Ni Wayan Darti, S.Pd., M.Pd,  berharap melalui kegiatan sosilisasi ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman pada anak-anak sejak usia dini, dikarenakan saat ini media sosial sudah sangat dekat dan semakin banyak digunakan oleh anak-anak sekolah. Dengan pemahaman yang benar terkait etika dalam bersosial media, nantinya diharapkan mampu meminimalisisr terjadinya pelanggaran peraturan perundangan-undangan, khususnya UU ITE.

“Tujuan kami menyelenggarakan sosialisasi ini adalah bagaimana anak anak bisa secara sehat dan bijak menggunakan media sosial dan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran UU ITE, karena kini media sosial sudah banyak digunakan oleh anak-anak sekolah dasar”, ungkapnya. (Rani)

Sumber: http://denpasarkota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>