Connect with us

Setahun Lockdown di Bali, Seniman Asal Tiongkok Gelar Pameran Tunggal

Terkini

Setahun Lockdown di Bali, Seniman Asal Tiongkok Gelar Pameran Tunggal

Setelah kurang lebih setahun tertahan di Bali akibat pandemi covid-19, Sun Rong Fang, perupa asal Tiongkok, akhirnya menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Obart’. Pameran tunggal ini dibuka pada Minggu (2/5) bertempat di Galeri Zen1, Kuta, Badung, dan berlangsung hingga 22 Mei mendatang.

Salah satu pengunjung berpose di antara karya Sun Rong Fang – Admin

Tema ‘Obart’ berasal dari dua kata, yakni ‘obat’ dan ‘art’. Menurut Sun – sapaan akrab wanita kelahiran 1980 ini – tema ‘Obart’ dipilih karena saat ini ia sedang mendalami teknik-teknik pengobatan tradisional China dengan mengambil energi-energi yang ada di dalam tubuh sendiri entah itu melalui meditasi relaksasi dan lain sebagainya.

“Karya ini juga merupakan sebuah karya seni yang healingnya ada di batin kita, baik itu ketenangan, keceriaan, atau cerita yang membuat si penikmat karya ini merasakan suatu energi positif,” ungkap wanita yang kini tinggal di Tegalalang, Ubud, itu.

Sun mengaku pernah mendengar dari seorang teman bahwa nama Ubud tempat ia tinggal dan berkesenian saat ini sesungguhnya bermakna ‘obat’ atau ‘ubad’ dalam Bahasa Bali. ‘Obart’ menjadi istilah baru yang merujuk pada gagasan kreatif seorang perupa Tiongkok di Ubud tentang pertalian mendalam antara seni dan pengobatan serta seni dan penyembuhan.

Perupa asal Beijing, Tiongkok, ini memamerkan sebanyak 41 karya ditambah dengan beberapa instalasi seperti kaligrafi China dan patung manekin yang bertabur warna. Media yang digunakan juga beragam, mulai dari kertas beras (rice paper) yang dilukisi dengan Chinese ink hingga ke media digital menggunakan iPad dan campuran.

Objek-objek yang dilukis meliputi teknik kaligrafi China serta hal-hal yang ia lalui selama di Bali. Salah satu karya yang paling ikonik adalah lukisan yang berjudul ‘Old Soul’. Lukisan berukuran 147 cm x 295 cm ini dilukis di atas media kertas beras dengan tinta. ‘Old Soul’ menampilkan wajah sebuah pohon tua serta ranting-ranting yang membentuk wajah manusia.

Sun Rong Fang di depan lukisan ‘Old Soul’ – Admin

“Di Bali banyak terdapat pohon-pohon tua. Saya merasakan mereka memiliki jiwa dan memiliki umur yang panjang dibandingkan manusia,” papar Sun.

Hal ini juga terinspirasi dari daerah Ubud tempat Sun tinggal yang memiliki energi spiritual kuat dan kemudian diimplementasikan pada teknik pengobatan yang ia dalami selama satu tahun terakhir di Ubud. Konsep pameran ini awalnya dicetuskan langsung oleh Sun bersama dengan Perupa Hanh dari Heartlab. Galeri Zen1 dipilih karena galeri memiliki visi misi yang sangat cocok dengan Sun. Pameran ini bertujuan untuk menyampaikan kesannya selama kurang lebih satu tahun tinggal di Bali.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Terkini

Advertisement “Azula
Advertisement
To Top