Connect with us

Pura Melanting Jambe Pole Tempat Melukat Memohon Rejeki Dan Pengobatan Niskala Di Tengah Taman Festival Padang Galak

Bali

Pura Melanting Jambe Pole Tempat Melukat Memohon Rejeki Dan Pengobatan Niskala Di Tengah Taman Festival Padang Galak

Taman Festival Padang Galak merupakan salah satu tempat yang memiliki aura magis yang cukup besar baik untuk kekuatan positif maupun negatif. Taman Festival Padang Galak juga dikenal sebagai salah satu tempat angker di Bali.

tempat angker taman festival padang galak
Taman Festival Padang Galak

Ternyata di area taman wisata yang sudah mangkrak ini terdapat sebuah Pura yang memiliki daya tarik spiritual tersendiri. Pura bernama Pura Melanting Jambe Pole. Menurut I Nengah Arimbawa sebagai salah satu pengempon pura, Pura Melanting ini telah ada sebelum Taman Festival dibangung namun kondisinya saat itu tidak terurus. Setelah Taman Festival dibangun barulah Pura ini direnovasi. “Namun setelah Taman Festival bangkrut pura ini kembali terlantar. Saya dan beberapa kawan berusaha untuk kembali merawat pura ini sehingga bisa kembali digunakan oleh umat untuk bersembahyang.

pura melanting jambe pole padang galak
Pura Melanting Jambe Pole

Pura Melanting Jambe Pole ini terletak persis ditepi Sungai Ayung. Pura ini karena terletak di area Taman Festival otomatis dikelilingi oleh pepohonan seperti hutan sehingga saat memasuki areal pura akan terasa suasana magis atau angkernya areal disekitar pura.

pura melanting jambe pole taman festival padang galak
Areal Mandala Utama Pura Melanting Jambe Pole Padang Galak

Ida Sesuhunan yang melinggih atau berstana di Pura ini adalah Ida Bhatari Melanting dan Ida Ratu Niang Sakti. Disebelah gedong terdapat pelingih menggunakan wastra poleng merupakan penyawangan Ida Bhatara Sakti Ratu Gede Mas Mecaling. Kemudian terdapat juga pelinggih untuk memuja Ratu Ayu Mas Manik Maketel kairing oleh Ida Ratu Ngurah Ketut Malumut.

Di areal utama mandala pura juga terdapat pohon Pole yang cukup menjulang tinggi yang merupakan tempat berstananya Ida Bhatara Jambe Pole. Terdapat juga Padmasana yang digunakan untuk memuja Ida Sang Hyang Widhi beserta Asta Dala maupun Sapta Dala beliau.

Patung Kundala Kundali (di sebelah patung Ganesha)

Di Pura ini diyakini dijaga oleh sosok gaib(ancangan) berupa naga yang berstana di Pohon Pole sedangkan untuk areal luar pura dijaga oleh ribuan wong samar dimana dikomandoi oleh Kundala dan Kundili yang berstana di pelinggih berupa patung yang ada didepan pemedal pura berdampingan dengan patung Ganesha.

lingga yoni kejawen pura melanting jambe pole
Lingga Yoni dibawah Pohon Beringin untuk persembahyangan umat yang menganut tradisi Kejawen

Sebelah pura terdapat Pohon Beringin dimana terdapat Lingga Yoni dimana berfungsi untuk tempat sembahyang orang yang menganut tradisi kejawen.

Fungsi pura disini adalah untuk memohon rejeki terutama untuk para pedagang, pebisnis maupun pengusaha. Biasanya mereka datang untuk memohon kelancaran usahanya. “Selain untuk memohon rejeki, di Pura ini juga berfungsi untuk pengobatan. Banyak pemedek yang tangkil bersembahyang untuk memohon pengobatan terutama untuk mengobati sakit karena gangguan ilmu hitam atau sakit niskala,” ujar I Nengah Arimbawa yang juga sering disebut dengan nama panggilan Jro Rudra Agni.

Lebih lanjut menurut Jro Rudra Agni, Ida Sesuhunan di Pura Melanting ini sangatlah pemurah asalkan pemedek datang dengan niat yang tulus. “Namun yang perlu diingat, saat kita memohon diusahakan untuk tidak melakukan sesangi atau istilahnya barter. Misalnya kita memohon agar rejeki lancar, kalau sudah sukses akan menghaturkan sesuatu. Kalau lupa atau tidak sanggup menghaturkan dikemudian hari, orang tersebut akan mendapatkan hal-hal yang kurang baik. Lebih baik kita memohon saja dengan hati yang tulus, astungkara akan dikabulkan,” Jro Rudra mengingatkan.

melukat pura melanting jambe pole padang galak
Lokasi tempat melukat di Pura Melanting Jambe Pole yang terletak dipinggir aliran Sungai Ayung

Di pura ini juga bisa melukat yang berlokasi persis dipinggir aliran sungai. Tempat melukat di pura ini airnya bersumber dari mata ari atau sering disebut dengan klebutan. Melukat ditempat ini dipercaya juga untuk membersihkan kotoran-kotoran secara niskala pada tubuh kita.

Yang unik di pura ini adalah saat kita menghaturkan banten atau persembahan atau saat melukat kita menghaturkan sendiri dengan bahasa sederhana sesuai kemampuan masing-masing. “Di pura ini belum ada pemangku, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa mengangkat seorang Pemangku. Karena tidak ada pemangku, saat menghaturkan banten atau sarana upakara, pemedek bisa menghaturkannya dengan bahasa yang sederhana seperti kita berdialog dengan orang lain. Dengan bahasa yag sederhanapun, beliau sudah mengerti maksud dan tujuan kita tangkil ke Pura ini,” ungkap Jro Rudra Agni menjelaskan.

nengah arimbawa jro rudra agni taksu rudra bhairawa
I Nengah Arimbawa salah satu pengempon Pura Melanting Jambe Pole

Untuk tangkil bersembahyang jika pertama kali tangkil membawa pras pejati, jika sudah pernah tangkil cukup canang saja. Pemdek yang tangkil juga banyak yang nunas daksina linggih sebagai taksu untuk berdagang/berjualan yang ditaruh ditempatnya berjualan/berdagang.

Untuk melukat membawa sarana pras pejati dan juga bungkak nyuh gading. Pertama melukat ditempat melukat yang sudah disediakan kemudian sebelum sembahayang melakukan melukat lagi dengan bungkak nyuh gading di depan areal utama mandala pura. Tidak diijinkan untuk melakukan pengelukatan ataupun pengobatan di areal utama pura.

Petunjuk jalan untuk menuju Pura Melanting Jambe Pole Padang Galak

Piodalan Pura Melanting Jambe Pole jatuh pada Rahinan Purnama Jyestha. Untuk bersembahyang ataupun melukat ke pura ini bisa dilakukan kapan saja, cukup datang langsung ke lokasi pura dan pemedek menghaturkan sendiri sarana upakara yang dibawa. Untuk menuju lokasi pura ini, saat sampai ke lokasi Taman Festival Padang Galak akan ada petunjuk untuk menuju ke areal Pura Melanting Jambe Pole.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Bali

Advertisement
To Top