Connect with us

Sering Dilewati, Ini Filosofi Patung Titi Banda Denpasar

Peristiwa

Sering Dilewati, Ini Filosofi Patung Titi Banda Denpasar

Sebagai ibu kota provinsi Bali, Denpasar memiliki banyak objek wisata buatan yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata tersebut ialah Patung Titi Banda yang kemudian menjadi salah satu ikon Kota Denpasar.

Patung yang diresmikan oleh Walikota Denpasar pada Desember 2014 itu terletak di tengah-tengah pertigaan Jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai. Dengan peletakan yang sangat strategis itu membuat Patung Titi Banda sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yang melintasi jalan tersebut.

Kendati sering dilewati, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui makna atau filosofis dari patung ini. Patung Titi Banda menggambarkan cerita dari epos Ramayana. 

Tepatnya perjalanan Sang Rama untuk membangun sebuah jembatan di tengah samudera, untuk membebaskan istrinya, Dewi Shinta dari kurungan Rahawana, Raja Alengka Pura. 

Dimana Sang Rama berdiri gagah membawa busur panah, yang tingginya sekitar 10 meter, dengan sejumlah patung kera atau monyet yang setia mengabdi kepada Sang Rama untuk membangun Jembatan Titi Banda. 

Filosofinya mengandung makna kerjasama dan kegotong-royongan. Tercermin bagaimana abdi-abdi masyarakat bahu membahu mewujudkan pembangunan Bali dengan seorang pimpinan bijak yang mampu mengarahkan dan mengayomi rakyatnya dengan baik.

Patung Titi Banda menjadi stop view yang istimewa bagi pengguna jalan yang datang dari arah Selatan dan Timur Kota Denpasar. Apalagi jika malam hari, keindahannya semakin memesona.

Sumber : denpasarkota.go.id

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Peristiwa

Advertisement
To Top