Connect with us

Setelah Dua Tahun ‘Ngayah’ Akhirnya Ogoh-ogoh Sang Hyang Penyalin Dipralina

Bali

Setelah Dua Tahun ‘Ngayah’ Akhirnya Ogoh-ogoh Sang Hyang Penyalin Dipralina

BADUNG – Ogoh-ogoh Sang Hyang Penyalin yang sempat viral dua tahun belakangan ini akhirnya dipralina (dibakar) pada Jumat (19/02) di Galeri Zen1, Tuban, Kuta, Badung.

Sebelum dipralina oleh ST. Dhananjaya Banjar Dangin Peken, Intaran, Sanur, ogoh-ogoh yang dua kali gagal diarak akibat pandemi covid-19 tersebut sempat ‘ngayah’ dalam pameran tunggal arsiteknya, Wayan ‘Apel’ Hendrawan, yang bertajuk ‘Into the Secret of Cosmic Energy’ sejak 27 Januari di Galeri Zen1.

“Kenapa dipralina, karena tahun ini situasi tidak memungkinkan untuk mengadakan Pengerupukan dan dari segi ogoh-ogoh kondisinya juga sudah tidak sebagus dulu, sudah 50 persen berubah karena terbuat dari bahan alam,” ungkap Jro Apel saat ditemui di Galeri Zen1.

Ogoh-ogoh Sang Hyang Penyalin dipralina menjelang petang di halaman depan galeri. Momen berharga itu juga didokumentasikan oleh beberapa media. Sebelum dipralina, Jro Apel – sapaan akrab Wayan Apel Hendrawan – melakukan upacara sederhana yakni memohon izin secara niskala guna melancarkan proses pralina ogoh-ogoh berbahan dominan rotan tersebut.

“Sebelum dipralina, mapekeling (pemberitahuan secara niskala) dulu untuk menghormati spirit yang pernah bersemayam dalam ogoh-ogoh, lalu setelah itu dipunggel dan dibakar,” sambung Pemangku yang sebagian besar tubuhnya dipenuhi tattoo itu.

Sejak dipamerkan di Galeri Zen1, Ogoh-ogoh Sang Hyang Penyalin cukup banyak menyedot perhatian masyarakat sekitar atau yang kebetulan lalu-lalang di sekitar Pertokoan Tuban Plaza. Tidak jarang, ada yang berhenti hanya untuk mengamati atau hanya menoleh dengan heran.

Kini ogoh-ogoh kenamaan Sanur yang pembuatannya menelan dana belasan juta rupiah itu telah menyudahi tugasnya. Tidak dalam Pengerupukan Nyepi, melainkan sebagai ikon penguat dari pameran Jro Apel. (*)

*Kontributor: Putri Handayani

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Bali

Advertisement “Azula
Advertisement
To Top