Connect with us

Rai Mantra Melanjutkan Keteladanan Ayahanda

Sosok

Rai Mantra Melanjutkan Keteladanan Ayahanda

Siapa yang tak kenal Prof. Ida Bagus Mantra, beliau adalah salah satu tokoh sejarah yang sangat berpengaruh di Bali. Beliau pernah menjabat Gubernur Bali dua periode, yaitu 1978-1983 dan 1983-1988. Ditangan Beliau banyak sekali gagasan cemerlang untuk pembangunan Bali. Yang paling terkenal beberapa diantaranya Penggagas LPD, pembangunan Art Centre sebagai pusat pengembangan kebudayaan di Bali.

Ida Bagus Mantra pernah berujar “Orang Bali harus menyadari harga dirinya” begitulah pesan moral Ida Bagus Mantra kepada orang Bali karena prihatin pada tradisi Bali yg semakin ditindas oleh budaya Barat.

Harga diri orang Bali menurut Ida Bagus Mantra dapat dibangun dan ditata melalui lima hubungan korelasional antara AGAMA, SENI, BUDAYA, BAHASA, dan EKONOMI yang disebut dengan landasan KEBUDAYAAN.

Sebagai seorang anak Rai Mantra selalu mejadikan ayahandanya sebagai suri teladanan dalam pembangunan Kota Denpasar. Maka tak heran Denpasar dikenal dengan Kota Budaya pada kepemimpinan Rai Mantra.

Ide-ide dan gagasan Ida Bagus Mantra mengenai pentingnya menjaga “harga diri” melalui penguatan lima pilar tradisi Bali yang diterapkan dalam membangun Kota Denpasar.

Selasa, 16 Februari 2021 genap sudah Rai Mantra memimpin Kota Denpasar menjadi Walikota selama dua periode. Di hari selanjutnya pria yang akrab dipanggil Gus Rai ini kembali menjadi warga biasa.

Semua pengabdiannya selama menjadi Walikota akan selalu dikenang abadi di Kota Denpasar.

Matur suksma Tu Aji Rai Mantra atas pengabdiannya selama ini, dan semoga kelak ada kesempatan dan restu dari Hyang Maha Kuasa agar Tu Aji kembali berkiprah berkarya membangun Bali. (Mar)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Sosok

Advertisement
To Top