Connect with us

Pesta Kesenian Bali, Wadah Bagi Pelaku Seni

Peristiwa

Pesta Kesenian Bali, Wadah Bagi Pelaku Seni

Pesta Kesenian Bali (PKB) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Bali.

Tujuan diadakannya PKB setiap tahun secara rutin agar melestarikan, mengembangkan serta mempromosikan kesenian Bali. Pesta Kesenian Bali pertama kali dilaksanakan pada tahun 1979 yang dicetuskan oleh Gubernur Bali ke 6, Ida Bagus Mantra.

Hingga saat ini PKB telah dilaksanakan sebanyak 41 kali, terakhir pada tahun 2019. Biasanya, PKB dilakukan pada liburan sekolah murid antara bulan Juni sampai bulan Juli.

Antusiasme masyarakat tidak pernah turun setiap tahunnya, pelaksanaan PKB selalu megah dan meriah. Berpusat di Werdhi Budaya Art Center, pesta kesenian Bali selalu menjadi event yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Pembukaan pesta kesenian Bali biasanya dilakukan dengan parade dari monumen Bajra Sandhi Renon dan berakhir di Werdhi Budaya Art Center.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan PKB tahun 2020 tidak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia.

Hal ini tentu menyebabkan kekecewaan bagi pelaku seni yang ada di Indonesia, khususnya Bali. Kekecewaan ini diungkapkan oleh Ni Wayan Septiantari yang merupakan salah satu pelaku seni di Bali.

“Kecewa pasti,  karena setiap tahun itu pasti ada PKB, dan di PKB  adalah tempat dimana kita bisa menunjukan bahwa ini Bali yang punya kebudayan dan bisa kita tonton setiap tahun.

Kalau untuk para penari seperti saya, PKB bisa dijadikan sebagai tempat pengasahan diri saat menari didepan banyak penonton, dan bisa ketemu banyak orang juga,” ujar Septiantari.

Harapan yang diinginkan oleh Septiantari agar PKB bisa dilaksanakan tahun 2021 dan seterusnya sehingga pelaku seni di Bali bisa melestarikan dan mempromosikan budaya Bali lagi.

Sumber : denpasarkota.go.id

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Peristiwa

Advertisement
To Top