Connect with us

Senam Tera , Terapi Tubuh Dengan Gerak Sederhana Dan Olah Pernafasan

senam tera indonesia bali

Olahraga

Senam Tera , Terapi Tubuh Dengan Gerak Sederhana Dan Olah Pernafasan

Saat ini kesehatan adalah salah satu prioritas utama yang harus dijaga dengan baik. Bagaimana cara menjaga kesehatan ? Menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan berolah raga. Berolah raga yang baik adalah memilih olah raga menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia.

Salah satu olah raga sederhana yang bisa kita lakukan adalah olah raga senam tera. Mungkin masih terdengar asing ditelinga apa dan bagaimana senam tera tersebut. Senam tera berasalah dari kata tera yang berarti terapi dimana seluruh gerakan dalam senam tera dirancang untuk menterapi tubuh kita dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.

senam tera indonesia
Latihan senam tera sebelum pandemi di lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan Badung) – Foto oleh STi Bali

Basic atau dasar senam tera adalah gerakan taichi yang sudah dimodifikasi sesuai dengan budaya indonesia dan terdiri dari 17 gerakan peregangan, 25 gerakan persendian, 20 gerakan pernafasan pokok.

Fokus gerakan senam tera asa pada pernafasan. Karenanya senam tera termasuk salah satu olahraga pernafasan. Titik beratnya adalah pada upaya memaksimalkan asupan oksigen ke dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan baik.

Menurut Wayan Mudiasa Humas STI Bali, senam tera memiliki manfaat sesuai mottonya yaitu STI = Sehat Tenteram Indah. Sehat secara jasmani, Tenteram secara kejiwaan/rohani dan indah/harmonis dalam menjalani kehidupan.

senam tera indonesia sti bali
Latihan senam tera sebelum pandemi – Foto oleh STI Bali

Lebih lanjut lagi Wayan Mudiasa menjelaskan kalau senam tera ini sangat baik dilakukan untuk semua kalangan umur anak-anak, usia muda bahkan sampai para manula/usia lanjut. Namun dalam kesehariannya, senam tera lebih identik dilakukan oleh para manula/lanjut usia karena lebih sering terlihat yang melakukan senam tera ini adalah yang sudah memasuki usia 50 tahun keatas.

Senam tera ini dianjurkan dilakukan secara rutin atau sekitar 3 kali seminggu karena senam tera ini sesuai penjelasan diatas adalah senam terapi bagi tubuh kita. Untuk melakukan senam tera tidak memerlukan tempat khusus atau tempat besar, bisa di dalam kamar bisa di halaman atau bisa di lapangan terbuka.

Senam Tera beada dalam naungan organisasi dengan nama STI(Senam Tera Indonesia). Menurut Wayan Mudiasa yang juga sebagai Koordinator Bidang Pemberdayaan Olahraga KORMI Bali mengungkapkan struktur STI berjenjang mulai dari sasana (kelurahan), ranting (Kecamatan), Pengkab/Pengkot, Pengprov dan Pengnas. Secara nasional STI merupakan salah satu motor penggerak pendirian KORMI (sebelumnya Formi).

sti bali senam tera indonesia
STI Bali sebagai juara umum pada HATERI ( Hari Tera Indonesia) , tahun 2019 – Foto oleh STI Bali

Di Bali sendiri sudah terdapat organisasi STI Bali yang diketuai oleh Sudiro, S.Pi. STI Bali juga merupakan salah satu organisasi yang bernaung dibawah KORMI(Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia) Provinsi Bali. STI Bali sendiri berdiri pada tanggal 27 Desember 2017.

Sebelum pandemi, STI Bali rutin melakukan latihan di lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Puputan Badung) setiap minggu pagi. Sedangkan jadwal harian dilakukan di masing masing sasana baik di wilayah Denpasar, Tabanan, Jembrana dan Singaraja.

Di masa pandemi, latihan digelar secara virtual melalui Media FB setiap Minggu pagi 06.30 sampai 08.00 Wita, menyesuaikan dengan prokes dan perkembangan kebijakan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Olahraga

Advertisement
To Top