Connect with us

Usai Bangun Jembatan di NTT, Kini Pemuda Bali ini Salurkan Bantuan APD dan Sembako Total Rp350 Juta

Inspirasi

Usai Bangun Jembatan di NTT, Kini Pemuda Bali ini Salurkan Bantuan APD dan Sembako Total Rp350 Juta

Nama I Komang Triska Ananda Dilivianugraha Priantara, 22, kembali bergaung di tengah pandemi covid-19 yang melanda sebagian besar lapisan dunia. Pasalnya, pria yang aksinya pernah diliput televisi nasional atas jasanya dalam pembangunan jembatan di Sungai Lambanapu, Desa Kiritana, Sumba Timur, NTT ini, kembali jadi sorotan berkat aksi sosial yang ia lakukan dalam memerangi musibah global yang belum juga berlalu. Ananda Priantara hadir berkolaborasi dengan relawan lainnya menyalurkan bantuan APD di sebelas rumah sakit rujukan covid-19 di Bali serta memberi bantuan sembako bagi warga kecil terdampak dengan total anggaran Rp350 juta.

Pembagian Sembako di Desa Adat Besakih – IST

“Komunikasi, kepercayaan, dan kolaborasi yang menjadi kunci keberlanjutan inisiatif positif ini. Kitabisa (situs penggalangan dana online) kemarin mempercayakan kami (Satupadu Indonesia) untuk memegang amanah sebagai koordinator pendistribusian bantuan untuk wilayah Bali. Astungkara, kami juga selama ini didukung penuh oleh KSP, beberapa perusahaan startup serta NGO yang menjadi mitra di ibu kota,” ungkap Ananda Priantara.

Satupadu Indonesia merupakan sebuah wadah pergerakan yang dikoordinir oleh Ananda Priantara dan memiliki tujuan untuk merangkul dan menghubungkan berbagai pihak yang berpengaruh guna dapat berkolaborasi dan berdampak bagi negeri ini. Satupadu Indonesia sendiri memiliki moto To Connect, To Collaborate, To Change.

Dari gerakan Satupadu Indonesia ini, total 11 rumah sakit yang mendapat bantuan yakni, RSUP Sanglah, RS Universitas Udayana, RSUD Wangaya, RSUD Mangusada, RS Bali Mandara, RS Sanjiwani Gianyar, RSU Tabanan, RSU Negara, RSUD Klungkung, RSUD Buleleng dan RS Pratama Giri Mas, dengan rincian total bantuan sebanyak 2.500 hazmat, 11.000 sarung tangan medis, dan 5.000 masker medis 3 ply. Dua rumah sakit (RSUP Sanglah dan RS Universitas Udayana) diberikan jumlah yang lebih banyak karena rumah sakit rujukan tersebut menampung lebih banyak pasien.


Bantuan APD di 11 RS Rujukan Covid-19 di Bali – IST

Selain rumah sakit, Ananda Priantara dan Satupadu Indonesia juga juga menyalurkan bantuan langsung ke masyarakat kecil terdampak, yakni berupa 600 paket sembako. Tidak hanya itu, mereka juga sedang menggarap pembuatan tandon wastafel yang dilukis dengan mural. Konsepnya sendiri akan mengampanyekan antisipasi covid-19 bertemakan nuansa budaya Bali.

“Jadi, ketika ditaruh di spot publik yang masih terdapat aktivitas masyarakat, pemandangannya juga unik serta dapat menarik keinginan masyarakat untuk melihat dan mencuci tangannya,” imbuh pemuda yang baru saja menamatkan S1 Hubungan Internasionalnya di President University itu.

Banyak hal menarik yang dapat dipetik dari aksi Ananda Priantara dkk ini, salah satunya yaitu dapat merangkul anak-anak muda yang memiliki semangat dan tekad tinggi untuk berkontribusi. Ia pun banyak menerima pesan-pesan di medsos yang isinya meminta untuk ikut bergabung dalam gerakan tersebut. Dari respon khalayak, sangat terlihat antusiasme banyak orang untuk peduli sesame dan Satupadu Indonesia selalu terbuka untuk menggandeng semua lapisan dalam berbuat kebaikan. (*)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Inspirasi

Advertisement
To Top