Connect with us

Dua Pemuda Terpilih Wakili Bali dalam Pertukaran Pemuda antar Negara 2021 Via Daring

Inspirasi

Dua Pemuda Terpilih Wakili Bali dalam Pertukaran Pemuda antar Negara 2021 Via Daring

Provinsi Bali kembali mengirim delegasinya dalam program Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN) di tahun 2021. Seleksi interview telah dilangsungkan pada Minggu, (25/4) bertempat di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Renon, Denpasar.

Dari seleksi tersebut, terpilihlah dua kandidat yang akan mewakili Bali dalam program Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) yang diwakili oleh I Gusti Ngurah Teja Tri Wahyudi dan Singapore-Indonesia Youth Leader Exchange Program (SIYLEP) yang diwakili oleh I Gusti Ayu Evita Trisnarini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini PPAN terpaksa dilangsungkan via daring mengingat masih dalam situasi pandemi.

“Tentu, atas nama pemerintah Provinsi Bali saya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PCMI dan juga adik-adik yang terpilih. Kami sangat berharap bahwa adik-adik kita dalam pelaksanaannya nanti membawa nama baik Bali ke kancah internasional,” papar Kadisdikpora Provinsi Bali, Drs KN Boy Jayawibawa, M.Si.

Di tahun 2020, Bali mendapat kuota program, namun tahun tersebut berbenturan dengan kasus covid-19 yang mulai meningkat, sehingga beberapa program terpaksa ditunda. Beruntung masih ada satu program PPAN yang masih berjalan melalui daring, yakni Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP).

Sedangkan, di tahun ini Bali mendapat dua kuota untuk dua program, yaitu Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) dan Singapore-Indonesia Youth Leader Exchange Program (SIYLEP). Proses seleksi diawali dengan tahap seleksi berkas bulan Maret-April dan terpilihlah sembilan finalis yang maju ke tahap seleksi Interview, Forum Group Discussion (FGD), dan Deep Interview.

“Karena dirasa program daring ini sukses, makanya di tahun 2021 dilaksanakan secara daring,” ungkap Cokorda Agung Pramanayogi, selaku Ketua PCMI Bali periode 2020-2023 sekaligus Alumni Ship for South East Asian Youth Program (SSEAYP) 2012.

Nantinya, para delegasi terpilih di masing-masing program akan mengikuti kegiatan yang telah disiapkan dengan durasi bervariasi, seperti AIYEP yang digelar selama total 2 bulan dan SIYLEP selama sembilan hari. Jika sebelum tahun 2020 program-program ini dijalankan secara luring, yang mana para delegasi akan berangkat ke masing-masing negara tujuan, maka dua tahun belakangan ini segala kegiatan tersebut dialihkan secara daring dari provinsi masing-masing dengan tanpa mengurangi makna program. Program SIYLEP di bulan Agustus, sedangkan AIYEP akan dimulai pada Oktober mendatang.

Menurut I Made Bayu Mahardika, alumni AIYEP 2020 yang juga pernah merasakan PPAN via daring, adapun kegiatan yang dilakukan seperti, webinar, kunjungan kenegaraan, mentoring, penampilan kebudayaan, dan magang yang seluruhnya dilakukan secara virtual. Bayu mendapat kesempatan magang di Australia-Indonesian Center, sebuah perusahaan partnership dalam bidang human development dan research yang bekerja sama dengan universitas ternama di Indonesia dan Australia.

Setelah mengikuti PPAN AIYEP, Bayu mengaku lebih berani dan percaya diri untuk menyampaikan ide dan pendapat dalam sebuah forum dengan individu yang beragam, mampu menjaga hubungan bilateral secara personal dan kenegaraan, memiliki koneksi dari Australia dan beberapa provinsi di Indonesia, serta memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan-perusahaan negara baik di Indonesia maupun Australia.

PPAN yang berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga dulunya berawal dari SSEAYP di tahun 1974. Para alumni merasa bahwa program PPAN bermanfaat dan akhirnya menghimpun sebuah organisasi alumni yang bernama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI). PCMI ada yang berlokasi di pusat dan masing-masing provinsi di Indonesia. Di daerah masing-masing, PCMI juga dinaungi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) provinsi.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lainnya di Inspirasi

Advertisement
To Top